Apa yang terjadi pada siti Zulaikha?


Ini hal menarik. Saya sudah lama sekali bertanya-tanya tentang jawaban kisah ini. Kisah tentang siti Zulaikha yang dulu menggoda nabi Yusuf utuk berbuat dosa. Barulah saya temukan jawabannya di sebuah buku.

Dikisahkan dalam riwayat bahwa Al Aziz pembesar mesir yang membeli nabi Yusuf dari pasar budak meninggal dunia. Ketika nabi Yusuf diangkat menjadi pembesar kerajaan mesir, siti Zulaikha telah bertobat dan mengakui kesalahannya. Nabi Yusuf dan siti Zulaikha pun menikah. Memang, beliau ini adalah wanita yang terkenal sangat cantik di negeri Mesir. Nabi Yusuf pun sebenarnya dari dulu tertarik kepadanya. Dengan pertolongan dan penjagaan Allah lah nabi Yusuf bisa menahan diri dari berbuat dosa.

Apa yang terjadi setelah itu sangatlah menakjubkan. Siti Zulaikha menjadi wanita yang sangat shaleh. Mengisi hari-harinya dengan beribadah kepada Allah. Dalam suatu kesempatan dia mengatakan, bahwa cintanya kepada Allah, jauh melebihi cintanya kepada Nabi Yusuf yang tampan itu. Hidayah yang diterimanya sangat luar biasa.

Maka menurut saya, mereka yang membicarakan kisah ini sebagai pengajaran kepada murid ataupun masyarakat awwam, harus lebih berhati-hati dalam menyampaikan kalimatnya. Sebab baik-buruknya kehidupan seseorang pada akhirnya ditentukan pada bagaiamana dia menjalani sisa kehidupannya. Siti Zulaikha sudah bertobat kepada Allah dan menjadi seorang hamba, seorang istri, seorang muslimah yang taat. Tobatnya itu, menurut syariat, telah menghapus dosa-dosanya yang telah berlalu. Apalagi nabi Yusuf juga sudah memaafkannya. Tidak sepatutnya kita membicarakan keburukan beliau saja dengan memenggal kisah hidupnya secara keseluruhan. Di hadapan Allah dia adalah hamba yang sangat penuh dengan cinta dan ketundukan, di mana akhir hayatnyapun disudahi dengan iman dan islam. Sehingga jadilah dia seorang sosok yang layak ditiru dalam hal mencari jalan keluar dari kesesatan menuju cahaya keluhuran Allah. 

comment 1 komentar:

st zulaiha nurhajarurahmah on 25 Desember 2013 18.33 mengatakan...

subhanallahh... :)

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© The Viko's Emporium | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger