Person of The Century


Albert Einstein, ilmuwan unik yang dinobatkan sebagai Person of The Century oleh majalah Time mungkin merupakan satu-satunya ilmuwan yang pengaruhnya terasa sangat luas bahkan setelah 54 tahun kematiannya. Dilahirkan di Ulm, Jerman pada 14 maret 1879, Einstein hadir di tengah-tengah keluarganya Yahudi saat usaha orang tuanya sedang tumbuh pesat. Kerajaan Jerman saat itu baru mulai bangkit membangun industrinya.
Einstein kecil sudah menunjukan bakatnya dalam fisika dan matematika. Saat usianya baru sepuluh tahun dia sudah “melahap” karya-karya ilmuwan besar seperti Immanuel kant dan Euclides, memahami geometri, kalkulus infinitesimal serta filosofi sains.
Rentang tahun antara 1890-1955 merupakan era puncak perkembangan fisika atom dan Einstein adalah salah satu pilar utamanya. Pada usia 29 tahun Einstein sudah dianugerahi gelar Professor oleh Universitas Charles-Ferdinand Jerman dan mengajar pada berbagai bidang fisika mutakhir. Karya-karya besarnya (annus mirabilis) dipublikasikan pada rentang tahun 1900-1905 antara lain Efek Fotolistrik (dihadiahi Nobel Fisika tahun1922), Teori Relativitas Khusus, Relativitas Umum, Persamaan E=mC2, Ether, Dualisme Cahaya dan banyak lagi.
Saat Nazi berkuasa di Jerman, Einstein dan keluarga pindah ke Amerika dan terlibat langsung dalam proyek Manhattan, usaha pertama untuk membuat bom atom yang hasilnya dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki. Einstein sangat menyesali hasil karyanya dan menentang penggunaan senjata nuklir sepanjang sisa hidupnya.
Begitu banyak karya albert Einstein yang berpengaruh sampai saat ini bahkan masih ada yang belum dipahami sepenuhnya oleh fisikawan setelahnya. Sampai-sampai kata-kata Einstein sendiri sudah jadi bagian bahasa Inggris yang artinya identik dengan kejeniusan. Dibalik popularitasnya yang mendunia, Einstein adalah sosok yang ramah, rendah hati, suka bergaul dan menyukai musik. Einstein meninggal 17 april 1955 di New Jersey. Seorang ahli bedah mengambil otaknya untuk diawetkan guna mempelajari alasan kenapa Einstein sangat jenius sebelum jasadnya dikremasi (dibakar).
Berbagai penghormatan dunia terhadapnya masih ada sampai sekarang antara lain monument Einstein di Washington, pendirian Einstein Institute, Einstein Award, unsur kimia ke 99 (Einstenium), nama asteroid 2001 dan satuan fotokimia (einstein). Model rambut dan kartun wajahnya menjadi idola di mana-mana. Di Amerika sendiri muncul istilah untuk memuji hasil kerja jenius seseorang yaitu :
Nice job, Einstein!

comment 2 komentar:

Anggi Eka Putra on 17 Agustus 2011 23.02 mengatakan...

Ada beberapa hal yang banyak tidak d ekspose oleh orang2... Kerasnya sistem pendidikan saat itu dia sangat tertekan d sekolah, adalah sang pamannya yang memberikan semangat enstein tuk mempelajari matematika dan fisika dengan cara2 yang berbeda.

dia tidak menyukai perang, bahkan pada saat usianya harus wajib bagi pemuda jerman mengikuti wajib militer, dia rela melepas kewarganegraan jermannya d usia muda

einstein tidak lulus ujian masuk pas pertama kali mencoba (kalau gak salah kampusnya d zurich austria), hampir semua mata ujian yang d ujikan padanya bernilai buruk tapi nilai matematika dan matematika nya 100% benar, hal ini membuat dy diprioritaskan untuk tahun depannya.

sering tidur saat dalam kelas tapi bisa menjawab semua pertanyaan. lebih suka eksperimen d lab daripada mengikuti kuliah.

setelah lulus, walaupun menyandang PhD predikat terbaik dirinya tidak d terima bekerja d manapun karena yahudi dilarang d jerman saat itu.
setelah sekian lama barulah ia mendapatkan pekerjaan pertamanya d kantor paten.

teori relativitasnya yang pertama d terbitkan d jurnal dengan institusinya kantor paten, hal ini salah satu yang membuat orang2 kalangan ilmuwan kurang respek, sudahlah menentang teori newton yang d anut ternyata bukan siapa2 hanya pegawai paten.

dia selalu langsung pulang sehabis bekerja d kantor pajak, dan memulai eksperimen d rumah.

mendapatkan jabatan akademik yang pertama setelah 10 tahun kelulusannya,

merupakan pencetus pembuatan bom atom,yang akhirnya merupakan penyesalannya seumur hidup.

pesan terakhirnya sebelum meninggal:
1. serahkan ruangannya pada orang yang membutuhkan (semua untuk ilmu pengetahuan)
2. Jangan ada pemakaman mewah, monumen atau sebaianya untuk dia. (so pendirian monumen d wasington bertentangan dengan keinginannya)

otak einstein masih ada sampai sekarang untuk kepentingan penelitian, lupa tepanya d mana yang pasti di US. (d sumbangkan oleh einstein sendiri sebelum meninggal)

**from biography of Albert Einstein dan berbagai sumber lain yang ku punya (beberapa buku)

viko mengatakan...

Weisss, Comment anggi bisa jadi satu tulisan nih...
Arigatou sharingnya..

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© The Viko's Emporium | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger