Pencarian Literatur Kimia Paling Efektif, Scifinder.

Sebelum membahas tentang Scifinder kita perlu mengenal dulu American Chemical Society atau yang disingkat dengan ACS. Organisasi ini adalah salah satu himpunan masyarakat kimia terbesar dan terpercaya di dunia berbasis di Amerika serikat. ACS memiliki banyak anak usaha seperti penerbitan buku (salah satu yang terpenting adalah The ACS Style Guide yang sistem penulisannya diadopsi secara luas bahkan oleh The Societyof Polymer Science, Japan),  jurnal (beberapa jurnalnya memiliki impact factor tinggi), pendidikan dan pendataan senyawa kimia baru yang dikenal dengan Chemical Abstract Service (CAS). Perhatikan ketika mencari data-data suatu senyawa di internet dan membelinya ke suatu perusahaan, maka pencarian yang paling mudah adalah dengan menggunakan CAS registry number. Sistem pengindeksan senyawa kimia ini sudah diterima secara luas sejak dimulai pada tahun 1965. Saat ini CAS menyediakan data untuk puluhan juta senyawa kimia di dunia berupa senyawa organik, anorganik, organologam, logam , polimer, senyawa koordinasi, alloy, unsur, isotop, partikel inti, protein, asam nukleat dan mineral. Berdasarkan informasi CAS, setiap hari mereka mengindeks hampir 5000 senyawa baru. Contoh sederhana dari CAS number adalah 7732-18-5 untuk molekul air.  

Meruju ke pada CAS inilah kemudian Scifinder diluncurkan. Sejalan dengan perkembangannya sekarang Scifinder menjadi mesin pencari penting bagi para kimiawan di seluruh dunia. Fitur-fitur yang ditawarkannya bisa dibilang yang terbaik dibanding Web of Knowledge milik Thompson Reuters. Scifinder ibarat google search engine dalam bidang kimia.  Dengan mengunakan Scifinder kita bisa menemukan paper, review, buku, patent, dokumen dengan memasukan kata kunci di kolom yang diperlukan. Pencarian literatur juga dapat dilakukan melalui nama penulis, ide berkaitan, dan dibatasi dengan insitutsi sang penulis, tahun penerbitan. Hasil yang ditampilkan biasanya diurutkan berdasarkan tahun terbit mulai dari yang paling baru, merunut kebelakang.
Halaman depan fitur pencarian Scifinder setelah Log in

Kita juga dapat melacak suatu struktur maupun reaksi kimia dengan menggambar struktur senyawa, reaktan dan produk pada engine drawing yang disediakan. Hasil pencariannya sangat lengkap mulai dari kondisi reaksi, bahan yang digunakan, spectrum NMR, IR UV, MS, XRD, Raman dan data-data pendukung lainnya. adanaya fitur pencarian struktur dan reaksi sangat membantu peneliti yang bergerak di bidang sintesis untuk memastikan apakah struktur senyawa yang sedang mereka sintesis belum pernah dipublikasikan alias 100 persen baru.
Fitur explore substance dan explore reaction

Editor untuk memasukkan struktur senyawa kimia atau reaksi kimia yang ingin dilacak

Keep Me Posted (KMP) membantu kita untuk tetap up date dengan perkembangan terbaru dalam riset yang kita pilih. Masukkan kata kunci bidang riset yang ingin anda ikuti, pilih frekuensi pemberitahuan, maka Scifinder akan memberitahu anda secara rutin tentang perkembangan terbaru di bidang tersebut.

Sayangnya, kelengkapan dan kenyamanan yang ditawarkan Scifinder berharga sangat mahal. Untuk jepang sendiri, setahu saya, bukan kampus yang berlangganan ke Scifinder tapi suatu organisasi pendidikan di bawah Kementrian pendidikan jepang yang kemudian membagikan lisensinya ke universitas. Jumlah login yang didapat jadi terbatas. Kita tidak bisa berlama-lama berselancar dengan Scifinder karena banyak mahasiswa dalam satu kampus yang juga ingin menggunakannya. Jika dalam keadaan log in tapi tidak melakukan aktifitas apapun, Scifinder secara otomatis akan me log outkan kita dari sistemnya.  

Di lain kesempatan akan saya bahas tentang End Note Web dan penggabungannya bersama dengan Scifinder.

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© The Viko's Emporium | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger