Edit Semua Daftar Pustakamu dengan Sekali Klik, EndNote


Awalnya saya ingin memberi Judul tulisan ini, "Menggabungkan Scifinder dengan EndNote Web", sebagai kelanjutan dari tulisan saya sebelumnya. Tapi insting saya mengatakan judulnya kurang menggairahkan. Saya ingin judul yang provokatif dan memancing rasa ingin tahu. Maka jadilah judulnya seperti yang anda baca di atas. 

EndNote web adalah bagian usaha dari Web of Knowledge. Web of Knowledge sendiri adalah milik perusahaan Thomson-Reuters. Bagian usaha lainnya dari perusahaan ini adalah  Institute of Science (ISI) yang mengindeks peringkat para peneliti, hasil penelitian (seberapa sering mereka dirujuk) termasuk juga pembaharuan Impact Factor berbagai Journal Internasional. 

EndNote web pada dasarnya adalah bank data tempat kita menyimpan semua referensi yang kita miliki secara online. Mirip icloudnya apple. Semua literatur yang sudah kita simpan di situs ini dapat diakses kapan saja, dibagikan kepada teman atau ditransfer ke word. Jika kita mengistall plug in feature EndNote web ke Microsoft word yang kita miliki, kita dapat dengan mudah mengedit semua daftar pustaka yang kita gunakan untuk mempublikasi paper. Seperti anda ketahui, beda penerbit beda style yang digunakan termasuk penulisan daftar pustaka. Adanya fitur ini memudahkan kita mengganti style daftar pustaka yang kita butuhkan. Misalkan saya punya 100 paper sebagai daftar pustaka yang harus dirujuk di publikasi ilmiah saya, sedangkan style yang harus digunakan terpaksa harus diganti dari Wiley style ke Jurnal Drug and safety style. Mengetik lagi, memindah-mindahkan tahun atau volume Jurnal. Sungguh merepotkan bukan? Dengan fitur add in EndNote web di Word, cukup sekali klik saja, pilih ganti Wiley style ke Journal Drug and safety style, maka semua daftar pustaka tadi akan berubah susunan dan gaya penulisannya mengikuti aturan milik Journal Drug and Safety. Menurut saya ditur ini jauh lebih baik dari pada bibliography milik microsoft word. Berikut saya berikan penjelasannya dalam gambar.

Tampilan halaman depan setelah Log In ke My EndNote Web


Pilihan untuk menginstall plug in EndNote di Microsoft Word

Ratusan pilihan gaya penulisan daftar pustaka yang tersedia merujuk kepada aturan penerbit jurnal

Memasukkan daftar pustaka yang ingin dirujuk tanpa harus mengetikkannya. Ambil daftar pustka anda di find citation lalu klik.

Gaya penulisan daftar pustaka sesuai aturan Angewandte Chemie. Sederhana dan efisien

Daftar pustaka yang sama tapi menggunakan gaya penulisan dari jurnal Drug Safety
Mudah dan cepat kan?
Sekarang bagaimana menggabungkannya Scifinder dan EndNote web?

Scifinder sebenarnya juga punya fitur peyimpanan data referensi di akun yang kita miliki. Cuma tidak senyaman EndNote web. Apalagi tiap akan digunakan harus log in terebih dahulu. Cara yang saya sukai adalah mencari literatur dengan Scifinder dan menyimpannya di EndNnote web.

Misalkan saya ingin menyimpan semua paper yang pernah dipublish oleh Prof. Niyazi Serdar Saricftci, salah satu periset awal di bidang organic solar cell. Log in ke scifinder, pilih pencarian berdasarkan author, maka akan tampil semua paper milik si Prof mulai dari yang paling baru sampai yang paling jadul. Jika ingin menyimpan semuanya tinggal select all, lalu pilih import file dengan format txt. Semua data paper beliau kini tersimpan di computer kita dengan format txt. Melalui My EndNote web kita bisa mengupload data si Prof tadi. Upload file txt tersebut ke akun kita, kemudian masukkan nama folder yang ingin digunakan untuk semua referensi tersebut. Maka tersimpanlah semua paper Prof. Sarciftci. Kapanpun kita inginkan kita bisa membuka, membaca dan merujuknya nya tanpa harus berpusing-pusing mencari dan mengetik dulu.

Namun, untuk kenyamanan ini, saya juga harus bilang sayang sekali. Sepanjang pengetahuan saya layanan Web of Knowledge dan EndNote web milik Thomson-Reuters juga tidak gratis, sama seperti Scifinder (coba dicek lagi, karena saya belum pernah log in di luar kampus). Hanya jika kampus anda berlangganan saja anda dapat mengakses kedua layanan tersebut atau membayar sendiri untuk mendapatkan fasilitas yang dimaksud. 

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© The Viko's Emporium | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger