JUS UNIK UNTUK KESEHATAN


Dirilisnya hasil penelitian tentang kemampuan tanaman sirsak sebagai obat kanker alami yang sangat efektif oleh sciencedaily.com beberapa waktu lalu sempat menimbulkan ketercengangan masayarakat ilmiah. Tanaman yang selama ini tidak begitu mendapat perhatian ini ternyata mampu membunuh segela jenis sel kanker 10 kali lebih efektif dan selektif dibandingkan obat kaknker sintetik yang sudah ada sebelumnya. Menariknya lagi, inspirasi para peneliti dari sebuah perusahan farmasi global tersebut didapatkan dari kebiasaan hidup sebuah suku pedalaman amazon. Sejak berates-ratus tahun yang lalu suku tersebut sudah menggunakan akar, batang, daun dan buah sirsak untuk mengobati berbagai jenis penyakit.
Tetapi tahukah anda bahwa masyarakat tradisional minangkabau sendiri juga sudah lama mengenal kemampuan ajaib buah yang bergelar “durian Belanda” ini. Di kenagarian Selayo, daun sirsak merupakan obat yang mujarab untuk mengobati kanker usus. Dengan meminum air remasan daun tersebut sacara rutin, maka penyakit kanker usus yang diderita dapat berkurang drastis hanya dalam waktu satu minggu. Ini merupakan suatu bentuk kearifan lokal yang mulai sering dilupakan orang.
Melalui tulisan ini saya ingin membagi sedikit wawasan tentang manfaat beberapa jenis buah lokal yang dapat dijadikan minuman kesehatan. Tiga di antaranya adalah sebagai berikut:
* Obat untuk mengembalikan kecerahan mata.
Minumlah secara rutin jus wortel yang dicampur dengan papaya lokal (papaya yang buahnya pendek-pendek agak bulat, bukan papaya es yang buahnya panjang-panjang dan bijinya sedikit) selama 6 hari berturut-turut. InsyaAllah Anda akan merasakan hasilnya. 

 
* Jus untuk membersihkan ginjal
Ginjal merupakan organ tubuh yang kerjanya sangat berat, membersihkan racun-racun dan membuangnya ke dalam urin. Kurang minum air putih akan menyebabkan ginjal kita menjadi kotor dan berujung pada kerusakan. Minumlah jus buah semangka dicampur dengan gula aren. Semangka yang direkomendasikan di sini adalah semangka lokal yang bijinya banyak. Ambil seperempat kili semangka tersebut, buang bijinya dan blender dengan sepotong kecil gula aren.

* Obat untuk pencernaan anak-anak.
Seringkali pencernaan anak-anak terganggu karena perutnya panas sehingga jadi malas makan, mencret dan tidak bersemangat. Kupas dan cuci sepotong ketela pohon. Kemudian parut ketela tersebut, remas dan saring air patinya. Campurkan sepotong gula aren hingga larut. Minumkan kepada anak anda. Jika umurnya masih dibawah 1 tahun, cukup 1-3 sendok saja. Perhatikan khasiatnya.
Mari kita lestarikan kearifan lokal bangsa kita sendiri.
Semoga Bermanfaat



comment 3 komentar:

indah on 6 Maret 2011 20.12 mengatakan...

trims atas tips nya Pak Viko.. insyaallah saya coba. ^_^

Tsaqiful Fakar on 25 Juli 2012 16.25 mengatakan...

gan mau bertanya..
mengapa semangkanya harus di jus dengan gula aren? memang ada zat apa di dalamnya yang menyebabkan bisa demikian?

viko mengatakan...

Setahu ane gula aren mengandung Thiamine, Ribofalvin, Nicotinic Acid, Ascorbic Acid, protein&vitamin. Gula aren sudah terkenal dapat membersihkan saluran pencernaan Gan. Info lengkanya bisa di lihat di link di bawah gan.
http://www.informasikita.com/20120415378/Kesehatan/gula-aren-untuk-diabetes.html

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© The Viko's Emporium | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger