Sepenggal Motivasi


BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM,

Untuk semua adikku almamater Kimia UNAND,..
Pemuda-pemudi cerdas dan berbakat. Untuk mereka yang ingin meraih cita-citanya. Yang belum termotivasi tapi mau menghargai, yang telah termotivasi tapi belum berniat, yang telah berniat tapi masih ragu-ragu, yang telah bulat tekadnya tapi masih belum menemukan kesempatan, dan yang telah merintis jalan tapi masih belum sampai ke tujuannnya yaitu menuntut Ilmu ke Jenjang yang lebih tinggi di berbagai Negara “maju” di dunia.

Aku ingin memberikan sedikit motivasi kepada kalian, semoga bermanfaat. 

Ilmu adalah harta paling berharga di dunia dan akhirat, dengan syarat bahwa ilmu itu dituntut dengan niat yang ikhlas karena Allah dan diamalkan dengan niat yang ikhlas pula untuk kebaikan di Jalan yang di RedhaiNYA. Jika ada yang masih ragu-ragu antara memilih melanjutkan studi atau mencari pekerjaan, shalat istikharahlah. Mudah-mudahan mendapat petunjuk DariNYA. Tapi ketahuilah bahwa ilmu selalu lebih baik daripada harta. Ilmu menjaga pemiliknya sedangkan harta butuh dijaga oleh pemiliknya. Harta akan habis jika dibagi sedangkan ilmu akan bertambah luas jika diajarkan. Harta yang bermanfaat mengikut kepada ilmu yang bermanfaat, namu tidak sebaliknya. 

Jika keraguan itu karena beratnya hati meninggalkan keluarga serta orang-orang yang disayangi, titipkanlah mereka kepada Allah. Pasti Dia akan menjaganya jauh lebih baik dibandingkan penjagaan yang dapat kita berikan. Berdoalah didalam hati agar kelak dipertemukan kembali dan dikekalkanNYA pertemuan itu. 

Untuk mereka yang sedang berjuang meraih kesempatan beasiswa ke luar negeri, YAKINLAH.  Jika langkah pertamamu ikhlas, pasti diberikannya kemudahan. Perjuangan yang berliku hanyalah satu bentuk latihan persiapan yang diinginkanNYA agar kamu lebih tegar. Yakinlah bahwa saat kalian telah berniat sungguh-sungguh di dalam hati, maka kalian sudah sampai ditempat yang ingin kalian tuju. 

Akan selalu ada pertanyaan besar, mau kemana kita setelah menyelesaikan pendidikan. Adakah perkerjaan yang layak menanti setelah kembali ke tanah air? Jika bekerja, sesuaikah dengan bidang ilmu? Berapakah gajinya? dst dst..Percayalah Kita tidak akan pernah menemukan jawabannya selama tidak pernah beranjak dari tempat kita bertanya. Tuhan memerintahkan kita untuk merencanakan masa depan, tapi tidak pernah memberi hak 100% menentukan hasilnya.

Dan untuk semuanya, di negeri yang jauh ini, kita tidak hanya akan belajar sains. Ada nilai-nilai luhur,sifat-sifat utama, ilmu kehidupan dan cermin-cermin untuk perbaikan diri sendiri dan Negara kita.
Selamat berjuang.

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© The Viko's Emporium | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger