TRIK MEMINTA ARTIKEL ILMIAH KEPADA AUTHORNYA


Tulisan ini adalah kelanjutan dari postingan saya sebelumnya tentang cara mencari literatur ilmiah melalui internet. Meminta langsung artikel kepada authornya adalah cara yang gampang-gampang susah karena sangat bergantung pada pribadi orang yang dituju. Saat kita sedang mujur, author akan memberikan tidak hanya satu artikel, tapi semua artikel penelitiannya yang berhubungan dengan topik yang kita minta. Yang harus diperhatikan adalah anda jangan pernah takut untuk mencoba berkomunikasi dengan mereka, karena hal terburuk yang bisa terjadi adalah email anda tidak dibalas. Hanya itu.
Berikut ini saya tampilkan salah satu contoh surat yang biasa digunakan uuntuk meminta artikel kepada peneliti di luar negeri.
Dear Prof.Miqin Zhang

Please let me introduce my self. My name is viko ladelta, a researcher at chemistry department of Andalas University, Indonesia.

I'm very interested to your your research. My research is also about
magnetite nanoparticles particularly using natural resources
as iron source. We are still mending our process and
studying its application.

Honestly I would like to ask a copy of your article:
Surface modification of superparamagneticmagnetite nanoparticles
and their intracellular uptake 


I will be very happy if you mail me a copy of the article.

Thank you very much for your kindness and i'm looking forward for your reply.

best regard
viko ladelta

Beberapa hal yang harus diperhatikan dari surat tersebut adalah:
Gunakan bahasa yang sopan. Tidak peduli orang timur atau barat, keteraturan dan sopan santun adalah sesuatu yang murni. Setiap manusia suka untuk dihargai. Jadi selalu gunakan perbendaharaan kata terbaik anda.
Memanggil sebutan Prof. untuk author. Ini adalah cara paling aman untuk digunakan seandainya kita belum tahu gelar akademis si author. Jika dia memang sudah Prof., maka kita telah menggunakan sebutan yang tepat. Kalau ternyata orang tersebut masih Doktor atau magister, dia pasti tidak akan tersinggung jika dipanggil Prof. jadi lebih baik cari aman saja. Ingat…, jangan pernah menggunakan sebutan Mister dalam komunikasi ilmiah karena sangat tidak relevan dengan konteks komunikasi yang sedang berlangsung.
Sebut diri anda sebagai young researcher. Jangan informasikan bahwa anda adalah seorang mahasiswa (apalagi undergraduate student) karena itu bisa menurunkan respek si author. Biasanya author akan senang jika yang meminta artikelnya adalah young researcher karena beranggapan anda akan melakukan publikasi internasional. Itu berarti artikelnya nanti akan dirujuk dalam daftar pustaka artikel ilmiah kita. Dengan sendirinya citation index si author akan meningkat. Jangan lupa untuk menyebutkan judul artikel, nama jurnal dan volume yang diminta secara lengkap.
Akhiri surat anda dengan terima kasih dan isyarat yang menunjukan bahwa anda mengharapkan komunikasi lebih lanjut. Ini berguna jika ada hal baru yang nantinya ingin didiskusikan.

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© The Viko's Emporium | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger