"Rendang, I'm so proud of you"

Bangganya jadi orang minang itu, karena yang satu ini. Kulinernya terkenal di mana-mana, kalau di Indonesia, restoran Padang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Bahkan sampai ke Eropapun, kita tetap bisa menemukan restoran dengan kuliner Padang.

Selama di perantauan di Osaka sini, saya yang orang Padang, sering diidentikan oleh teman-teman sebagai orang yang pandai memasak. Katanya kalau orang Padang, ya pintar membuat masakan Padang. Di masa lalu, seorang laki-laki Minangkabau belum dibolehkan pergi merantau sebelum mereka memiliki 3 keahlian, mangaji (mengaji membaca alquran), mamasak (memasak makanan untuk bekal mereka sendiri) dan basilek (bersilat, untuk membela diri dan menolong orang lain). Tetapi saya tidak tahu pasti apakah tradisi ini masih berlanjut di semua daerah di Sumatera barat. .

Rendang, makanan yang satu ini demikian terkenalnya sampai pernah memicu ketegangan dengan Malaysia, sebab mereka mematenkan rendang sebagai makanan asli negeri mereka. Dua tahun yang lalu sempat diberitakan juga bahwa rendang adalah makanan terlezat di dunia, walaupun kemudian diketahui bahwa pernyataan tersebut berdasarkan hasil survey online di Facebook yang mugkin saja didominasi oleh kontributor dari Indonesia. Apapun itu, rendang tetaplah terkenal dan diminati.

Belakangan ini banyak beredar di pasaran bumbu instan untuk membuat rendang. Meskipun tidak tahu pasti sumber bahan yang digunakan untuk meracik bumbu instant tersebut, tapi bagi saya sendiri rendang yang dimasak dengan bumbu instant sama sekali jauh dari cita rasa asli rendang. Memang rendang adalah jenis masakan yang kompleks akan bumbu dan rempah-rempah, tetapi di samping itu definisi rendang itu sendiri sering salah dipahami orang. Rendang BUKAN lah nama masakan, tapi rendang adalah cara MEMASAK. Cara memasak yang khas dimiliki oleh orang Minangkabau. Karena itu, ketika disebut rendang, maka sebenarnya yang dimaksud adalah banyak hal, mulai dari beras rendang, rendang telor, rendang daging dan lainnya. Tetapi yang paling terkenal dari itu semua tentu saja rendang daging. Rendang adalah cara memasak makanan melalui pemanasan yang lama dan konstan, yaitu dengan menajaga kekuatan panas dari sumber api tidak terlalu kuat sehingga semua bumbu dan rempah menyatu bersama bahan utama yang direndang. Sehingga dalam tradisi aslinya, pembuatan rendang bisa memakan waktu seharian untuk menghasilkan rendang hitam tapi tidak hangus. Rendang seperti ini bisa tahan berbulan-bulan karena air yang terdapat dalam semua bahan sudah habis diuapkan melalui cara memasak tadi.


Aneka bumbu instan rendang

Bumbu yang digunakan dalam pembuatan rendang bisa jadi beraneka ragam, mengikuti kondisi lingkungan tiap daerah di Sumatera Barat yang memiliki keunggulan rempah mereka sendiri. Yang jelas, semuanya menggunakan bahan alami dan segar. Saya bersykuru karena berhasil menyimpan salah satu resep rahasia bumbu rendang yang paling luar biasa lezatnya.

comment 2 komentar:

. on 29 Maret 2014 16.55 mengatakan...

nice info
tanks
http://tokoonlinepayakumbuh.com/

viko mengatakan...

Sama-sama...

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© The Viko's Emporium | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger