Simulasi Evakuasi Gempa dan Kebakaran di Osaka Univeristy


Terkseima melihat dan mengikuti simulasi evakuasi gempa di Engineering Sciecne Osaka University hari ini. Tanpa perlu dikomando, semua mahasiswa, staff dan para professor mengikuti alur yang telah ditetapkan hanya dengan satu sirene panjang. Semuanya ikut berpartisipasi, tanpa ada yang menganggap enteng. Walauppun Osaka terbilang wilayah Jepang yang relatif aman dari gempa,, tetapi pelaksanaan simulasi tetap dilakukan secara rutin dan terkontrol.

Di halaman samping kampus tempat para peserta dievakuasi,  diperagakan juga cara memberikan pertolongan pertama pada korban yang pingsan dan terluka. Beberaapa materi yang diberikan adalah penggunakan alat pacu jantung, cara memberikan nafas buatan, cara merawat luka serta mengamankan korban. Wahh sekali, waktu tahu kalau alat peraganya bisa dikontrol lewat remot untuk mengeluarkan suara keskitan, suara minta tolong, dan gerakan sederhana orang yang kembali dari pingsa. Sejumlah alat pacu jantung portable juga disediakan sebagai petunjuk permulaan untuk siapa saja. Disela-sela penjelasan dari pakar keselamataan dan pertolongan medis yang diundang langsung, dekan Graduate school of Engineering Science menyampaiakan arahan dan guyonanannya dihadapan para mahasiswa dan Professor yang hadir.
Peragaan alat pacu jantung
Simulasi cara pemadaman api 


Terakhir, simulasi cara mengunakan alat pemadam kebakarn, cara menyemburkan air dan variasi pola semburan ditunjukan dengan menggunakan selang dan air asli. Bahkan beberapa Professor gaul terlibat langsung seolah-olah menjadi pemadam kebakaran yang siap menolong siapa saja. Itulah Jepang, totalitas dan tanggung jawabnya dalam melakuakan sesuatu selalu mengagumkan. 

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© The Viko's Emporium | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger